Tips Solo Travelling Jaman Now

Rasanya menyenangkan sekali kalau membayangkan diri melakukan perjalanan wisata kemana pun yang ingin kita mau. Tanpa harus repot memikirkan pendapat orang lain dalam rombongan, kita bisa menentukan pilihan dan kemauan kita sendiri. Dan yang paling terpenting adalah kita bisa menentukan sendiri anggaran yang harus dikeluarkan tanpa harus memikirkan orang lain di sebelah kita. Terkadang kan kalau kita pergi jalan-jalan dengan teman geng, ada sedikit rasa tidak enak kalau ingin berbelanja sesuatu, takut temen ngiri. Ya kan?. Atau ada juga rasa agak khawatir, uang cukup tidak ya kalau buat makan rame-rame.

Yup, pastilah bayangan-bayangan seperti itu muncul saat kita keluar hang out dengan beberapa teman. Apalagi dengan keluarga, wah semua anggaran dan keperluan harus dipikirkan matang-matang nih supaya semua senang. Alih-alih ingin menyenangkan semua orang, lalu dimana letak kesenangan buat kita sendiri? Yaa, namanya juga pergi rame-rame, pasti harus lebih mementingkan kepentingan bersama dulu lah, baru bisa jajan sendiri.

Nge-Bolang Sendiri, Siapa Takut?

Nah, tidak ada salahnya kita sedikit egois dari teman geng dan saudara di rumah, mumpung masih kuat jalan sendiri, boleh dong kita ngebolang sendiri pergi kemana pun yang kita mau. Tinggal persiapkan segala keperluan, dari barang bawaan pribadi, baju, tas, uang, dan gadget. Untuk yang satu ini wajib jangan sampai lepas dari tangan. Karena di dalam gadget, satu untuk semua ada disini.

Kita kan sekarang hidup di jaman keren bro, semua bisa di atur hanya dalam satu genggaman. Tidak seperti jaman orang tua kita dulu, mau piknik sekeluarga ke waterboom saja repotnya sudah dimulai dari sebulan sebelumnya. Belum lagi selama perjalanan bawa-annya was-was melulu, takut kelupaan inilah, takut ketinggalan itulah, haha lucu juga kalau ingat masa-masa itu. Tapi ya sudahlah, ini adalah perjalanan kita, yang atur kita sendiri, yang ingin kita sendiri, dan dananya pun dari kantong kita sendiri. Mau dihabiskan atau tidak, ya itu urusan kita dong. Yang terpenting adalah good planning, good result.

Perencanaan Yang Bagus Adalah Tips Wajib Ber-Solo Travelling

Meskipun kamu akan melakukan perjalanan sendiri, juga pakai uang sendiri, bukan berarti semuanya bisa di-handle sendiri. Tetap saja butuh bantuan pihak ketiga agar segala urusan perjalanan menjadi lebih sempurna. Lalu siapa yang akan membantu kita dalam perjalanan. Tunggu dulu, sebelum sampai kesana, buatlah dahulu perencanaan yang bagus dari rumah.

  • Tentukan arah dan tujuan perjalanan solo travelling kita.

Ini sangat penting untuk memulai segalanya. Mau kemana dan mau apa. Itulah yang harus dipikirkan matang-matang. Jangan sampai solo travelling kita menjadi hal yang sia-sia mirip seperti pergi kelayapan yang tidak jelas. Pastikan tempat dan tujuan kepergian. Terlebih lagi kalau ke luar negeri, ini harus benar-benar ditentukan secara pasti dari sekarang tanpa satu pun terlewat.

  • Mulailah reservasi harga tiket, hotel, dan tempat-tempat tujuan wisata yang ingin dikunjungi.

Setelah menentukan arah tujuan solo travelling, mulailah menentukan tanggal kapan akan berangkat dan kapan akan pulang. Tidak ada salahnya jadwal ditentukan berdasarkan fluktuasi harga tiket yang sedang murah. Lumayan untuk menekan pengeluaran. Dan kalau jadwal sudah ditentukan, itu berarti sudah bisa langsung menentukan dimana akan tinggal selama di perantauan. Pilihan kembali lagi pada budget yang dimiliki, apakah ingin tinggal di hotel, atau sewa tempat penginapan kelas menengah. Aturlah sesuai kebutuhan, dan utamakan kepraktisan, karena kita tidak membutuhkan pendapat orang lain disini.

  • Selidiki harga-harga makanan dan minuman setempat di daerah tujuan travelling.

Kalau punya dana terbatas, hal ini penting juga lho dilakukan agar tidak terjebak dalam kesengsaraan. Namanya juga lagi jalan-jalan, walaupun sendiri, tetap saja ingin memanjakan diri dengan makanan enak disana. Nah, kalau kita sudah lebih dahulu tahu harga-harga makanan disana, sudah pasti kita berangkat pun dengan hati riang sambil membayangkan makan enak harga murah tanpa khawatir kekurangan uang.

  • Kumpulkan sejumlah nama tempat makan, restoran, ataupun warung jajan yang cukup terkenal dan yang sedang hits di daerah tujuan travelling.

Jangan bilang kalau solo travelling adalah kita benar-benar sendirian. Oh no!. Bohong banget kalau jalan-jalan tapi tidak share. Kalau dari rumah sudah tahu terlebih dahulu tempat-tempat bagus dan ngeĀ­-hits untuk makan, inilah saatnya kita posting dan share tempat-tempat makan yang bikin teman-teman sosial media kita terbelalak iri. Seru kan!?

  • Kalau diperlukan, pelajari adat kebiasaan warga setempat.

Perlu juga lho kita mengetahui budaya dan adat kebiasaan warga setempat saat kita berkunjung ke wilayah mereka. Ini untuk memudahkan kita bersosialisasi disana. Apalagi kunjungan kita adalah untuk mendatangi tempat-tempat wisata yang rata-rata adalah tempat bersejarah atau berupa kekayaan alam, tentu menjaga tata krama dan sopan santun adalah hal yang paling utama disana.

  • Rencanakan barang bawaan yang akan dibawa selama perjalanan.

Jangan terlalu ribet dengan baju-baju atau barang-barang pribadi yang harus dibawa. Seorang solo travellers lebih mengutamakan kepraktisan dan bawaan yang simple.

Nah, bagi penganut practical lifestyle, teman yang akan menemani kita selama perjalanan tidak lain adalah gadget kita sendiri. Dia adalah pihak ketiga yang akan membantu solo travelling kita menjadi lebih sempurna dan praktis. Pastikan seluruh aplikasi di dalam gadget android kita sudah lengkap dengan berbagai platform layanan umum seperti bank, quide travellers, e-commerce, dan aplikasi jejaring sosial yang akan menuntun dan membantu selama perjalanan. Dan satu lagi, jangan lupa berdoa sebelum berangkat.