Pengalaman Merayakan Ulang Tahun Anak Di Cafe

“Ribetnya ngurusin ulang tahun anak”. Mungkin itu adalah sepenggal kalimat dalam percakapan ibu-ibu muda yang sedang ngumpul bareng dengan kalangan mereka sendiri saat sedang arisan atau reuni lokal. Bagi sebagian besar masyarakat umum yang terbiasa merayakan hari kelahiran dengan mengadakan pesta, mungkin urusan mempersiapkan acara dari A sampai Z ini seperti membuat acara-acara pesta pada umumnya. Hanya saja temanya saja yang dirubah menjadi pesta ulang tahun.

Tapi bagi mereka-mereka yang sengaja membuat perayaan pesta ulang tahun pada usia-usia tertentu, misalnya saja Ultah 17 tahun, atau Ultah 1 tahun kelahiran, pasti lumayan mumet mempersiapkan segala keperluan pesta. Dari mulai ornamen pesta, ruang dan tempat pesta, makanan, minuman, snack, hingga daftar tamu undangan. Semuanya harus dibuat dengan perencanaan yang matang. Kalau tidak, bakalan gagal deh membuat pesta yang keren.

Konsep Ulang Tahun Anak Nuansa Cafe And Garden Party

Boleh-boleh saja mempunyai ide sendiri kalau ingin membuat pesta ulang tahun, tapi dari pengalaman sejumlah besar orang-orang yang pernah mengalaminya, jangan pernah coba-coba bikin pesta ulang tahun sendiri tanpa bantuan pemikiran pihak ketiga yang sudah berpengalaman di bidang ini, so pasti kamu tidak akan menyesal bertemu dengan mereka. Karena begitu mereka mengeluarkan konsep even-nya, dijamin 100% kamu akan urung mengungkapkan ide kamu sendiri.

Ini adalah pengalaman pribadi ketika berniat ingin mengadakan acara pesta syukuran hari lahir anak pertama. Tidak tanggung-tanggung ayahnya berkeinginan menggelarnya di salah satu cafe favoritnya. Katanya biar lebih keren. Kan yang datang bukan hanya anak-anak saja, ungkapnya, tapi orang tuanya pasti datang mengantar. Sepintas terpikir, wah, pesta anak-anak koq bikin acaranya di cafe, apa tidak terlalu berlebihan.

Tapi ternyata benar juga apa yang dikatakan ayah, begitu kami mendata daftar undangan, lha koq kebanyakan yang kami undang justru teman-teman kantor yang sebagian besar malah belum punya anak. Ditambah seluruh anggota keluarga besar yang ternyata memang kebanyakan orang-orang dewasa semua yang kami undang. Okelah tidak mengapa, konsep yang ditawarkan kepada kami memang pada akhirnya pesta ulang tahun anak-anak bernuansa cafe and garden party.

Membuat Pesta Ulang Tahun Keren Di Cafe, Begini Lho Perencanaannya

  • Berkonsultasi dengan perancang acara pesta.

Kalau kesulitan untuk menemukan ide kreasi menciptakan pesta ulang tahun untuk anak, sebaiknya segera datangi jasa layanan penyelenggara acara atau istilah kerennya sekarang adalah EO. Jasa EO, atau kepanjangan dari Event Organizer ini akan membantu kita mengorganisir seluruh rangkaian acara mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi akhir. Tentu saja selama kita bisa membayar mereka dengan harga yang pantas.

Tapi, kalau kita ingin lebih berhemat, lebih baik berdayakan saja potensi yang ada. Seperti kami ini misalnya. Karena sudah merencanakan gelar acara di cafe, sepertinya kalau harus menyewa EO itu artinya harus mengeluarkan double budget. Oh, no. Lebih baik kami langsung mendatangi cafe dan berkonsultasi langsung saja dengan divisi terkait di sana.

Dan ternyata sekarang memang sudah banyak cafe yang menyediakan layanan acara kepada kliennya, termasuk cafe yang akan kami sewa ini. Mereka memiliki divisi event yang siap membantu kami, tentu saja asalkan kami menyewa tempatnya. Kami disodori beragam paket ulang tahun yang membuat kami berbinar-binar. Konsep cafe and garden party yang ditawarkan kepada kami inilah yang akhirnya kami jatuhkan deals untuk segera eksekusi.

Tidak perlu membuang-buang waktu, saat itu juga kami langsung dibeberi secara rinci seluruh isi konsep yang ditawarkan dengan segala macam rencana persiapan. Mereka juga bertanya pendapat kami dari mulai dekorasi, makanan, cake ulang tahun, bahkan warna balon. Yang jelas, pelayanannya tidak jauh berbeda dengan EO profesional.

  • Menyusun Daftar Undangan.

Tentu saja daftar undangan sepenuhnya adalah hak kita sebagai tuan rumah untuk menentukan siapa saja yang akan datang. Karena ini adalah acara ulang tahun anak kami, tentu saja mayoritas undangan adalah seluruh keluarga besar. Kemudian disusul dengan daftar teman-teman sekolah yang berulang tahun, tentu saja beserta kedua orang tuanya, exactly right. Dan akhirnya, daftar undangan terakhir adalah rekan-rekan kantor kami sendiri. Ayah yang paling banyak daftar tamu undangannya. Hm!!

Karena konsep yang akan kami usung adalah nuansa cafe dan kebun, maka tentu saja tidak ada batas pemisah antara orang dewasa dengan anak-anak. Inilah yang kami mau. Jadi tidak ada pemisahan undangan antara yang dewasa dengan anak-anak. Semua undangan akan ikut dalam rangkaian acara dari awal hingga akhir. Senangnya lagi, pihak EO cafe memberikan rundown acara yang melibatkan hampir seluruh tamu undangan. Jadi tidak hanya anak-anak saja yang punya acara di sana, para orang tua pun ikut serta sebagai peserta.

  • Ajak anak yang berulang tahun untuk ikut berdiskusi.

Oiya, jangan lupa ajak anak untuk ikut berdiskusi tentang acaranya ini. Bagaimanapun dia adalah ikonnya, jadi dia pun juga harus tahu secara persis seluruh elemen acara dan siapa saja tamunya.

Merencanakan sebuah pesta untuk anak kami adalah pengalaman yang sangat spektakuler bagi kami. Dengan konsep pesta ulang tahun anak yang tidak biasa yang telah kami gelar, telah membuat banyak decak kagum dari para undangan. Seluruh dekorasi, room venue, buffet launch and dinner, cake and ballons, serta sajian standart sound system yang telah disajikan pihak cafe, benar-benar membuat kami puas. Mungkin kami akan menggelar lagi kalau anak kedua kami lahir.