Cara Mudah Membuat Mochi Kacang

Siapa yang tidak mengenal mochi, kue yang satu ini sangat familiar dan biasa dijadikan sebagai kue oleh-oleh daerah. Anda dapat menemukannya hampir di seluruh daerah. Baik di Bandung, Jakarta, Malang hingga di Semarang, Anda dapat menemukan kue ini. Kue mochi terbuat dari beras ketan, teksturnya yang lembut dan lengket banyak disukai oleh orang-orang. Bentuknya yang bulat dan lucu juga sering membuat orang terpikat. Belum lagi warnanya yang menarik tidak kalah memikat konsumen.

Cara Membuat Mochi Kacang Anti Gagal

Kue Mochi sebenarnya berasal dari Negara Jepang. Sesuai dengan namanya tentunya, kue ini sering dibuat dan dimakan saat ada perayaan di Jepang. Perayaan yang dimaksud adalah mochitsuki. Kue mochi Jepang dan Indonesia sebenarnya ada bedanya juga, akan tetapi pada artikel ini yang akan dibahas adalah mengenai cara membuat kue mochi. Bagaimana cara membuat kue mochi yang enak dan empuk? Mari simak caranya seperti berikut ini.

Isian kue mochi dapat diisi dari kacang tanah, kacang ijo, cokelat hingga buah-buahan. Kali ini akan dibahas cara membuat kue mochi anti gagal dengan isian kacang tanah. Kacang tanah sebagai isian kue mochi, dapat membuat rasa kue menjadi manis dan gurih. Sebelum membuat kue mochi, Anda perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dipersiapkan terdapat dua bagian. Pertama yaitu bahan bagian luar yang meliputi tepung beras ketan sebanyak 400 gram, tepung beras 40 gram dan gula pasir 20 gram.

Masih dengan bahan untuk bagian luar, Anda juga perlu menyiapkan tepung maizena 70 gram, garam 1 sendok teh, air 500 ml, mentega 4 sendok makan dan pewarna makanan. Sementara itu untuk bahan isiannya yaitu kacang tanah 160 gram, gula pasir sebanyak 60 gram dan air matang kira-kira 6 sendok makan.

Proses pembuatan kulit mochi sangat mudah, siapkan tempat, campurkan tepung ketan, tepung beras dan 4 sdm mentega. Aduk hingga rata, lalu masukkan larutan 200 gram gula pasir, 1 sdt garam dan 500 ml air ke campuran tepung tersebut. Pada bagian ini, Anda dapat menambahkan pewarna sesuai dengan keinginan. Setelah semua bahan tercampur rata, kukus selama 30 menit. Setelah 30 menit, keluarkan adonan dan tunggu sampai suhunya turun.

Untuk membuat isian mochi, caranya sangat mudah yaitu sangrai terlebih dahulu kacang tanah. Lalu tumbuk sampai kacang tanah halus. Masukkan kacang tanah yang telah ditumbuk ke dalam wadah, tambahkan larutan yang terbuat dari 60 gram gula pasir dengan 6 sendok air matang. Lalu aduk isian sampai rata hingga isian siap digunakan.

Setelah isian siap digunakan, Anda dapat memasukkan ke dalam bagian luar mochi. Setelah bagian luar mochi sudah turun suhunya Anda dapat mengambilnya 3 bagian atau 3 sendok makan. Lalu pipihkan kulit mochi, setelah itu isi dengan kacang tanah sebanyak 1 sendok makan. Kemudian bungkus isian hingga tidak terlihat. Mochi dibentuk dengan bulat. Setelah Anda menyelesaikan semua bagian adonan hingga selesai, maka Anda dapat menghidangkannya.

Mochi yang sudah selesai dibulat-bulatkan langsung diguling-gulingkan di tepung maizena. Dengan catatan sebelumnya tepung maizena telah disangrai. Untuk penyajiannya dapat dilakukan di piring yang kemudian diatur sedemikian rupa. Anda juga dapat menambahkan saus cokelat atau strawberry di atasnya. Hal tersebut dapat membuat kue mochi menjadi lebih menarik. Selamat mencoba.